"We all have Hitler in us, but we also have love and peace. So why not give peace a chance for once?"

- John Lennon -

Bernama Lengkap John Winston Lennon, ia lahir di Liverpool, Inggris, 9 Oktober 1940 dan wafat di New York City, Amerika Serikat, 8 Desember 1980 pada umur 40 tahun. Ia paling dikenal sebagai penyanyi, pencipta lagu, instrumentalis, penulis, dan aktivis politik yang terkenal di seluruh dunia sebagai pemimpin dari The Beatles. Lennon dan Paul McCartney membentuk partnership pencipta lagu yang paling sukses dan berhasil hingga saat ini. Lennon dengan sinismenya dan mcCartney dengan optimismenya melengkapi satu sama lain dengan sangat baik.

John mengawali karir bersama The Beatles pada 1960. Bersama grup ini beberapa album yang dirilis di antaranya, Please Please Me (1963), With the Beatles (1963), A Hard Day's Night (1964), Beatles for Sale (1964), Help! (1965), Rubber Soul (1965), Revolver (1966), Sgt. Pepper's Lonely Hearts Club Band (1967), The Beatles (1968), Yellow Submarine (1969), Abbey Road (1969) dan Let It Be (1970).

 Selama 1970 sampai 1975, John menjalani karir solo, dengan album-album yang dirilis di antaranya, John Lennon/ Plastic Ono Band (1970), Imagine (1971), Some Time in New York City (with Yoko Ono 1972), Mind Games (1973), Walls and Bridges (1974), Rock 'n' Roll (1975), Double Fantasy (with Yoko Ono 1980), Milk and Honey (with Yoko Ono 1984), dan lain-lain.

Perpecahan antar negara demi kepentingan tertentu menjadi momok menakutkan yang seringkali mengesampingkan sisi kemanusiaan. Orang saling membedakan warna kulit, agama, dan ras, serta mulai membunuh satu sama lain karenanya.

Banyak kasus mengerikan terjadi akibat manusia yang sudah terkotak-kotakkan oleh golongan tertentu. Hal inilah yang mengetuk nurani John Lennon untuk menggoreskan kata demi kata dalam lagu tersebut.

Setiap orang tentunya punya keinginan untuk hidup damai dan tentram, tapi kenapa peperangan terus saja terjadi? Tak bisakah kita menyatu atas nama kemanusiaan?

You may say I'm a dreamer
But I'm not the only one
I hope someday you will join us
And the world will be as one

Keinginan Lennon dalam lagu ini mungkin hanya mimpi. Namun ia yakin bahwa masih banyak orang yang berkeinginan sama dengannya. Mempersatukan dunia menjadi satu keutuhan menjadi cita-cita terbesar mendiang suami Yoko Ono.

Bagian tersebut diulang dua kali, yang artinya kata-kata ini merupakan inti dari lagu fenomenal ini. Dalam menulis Imagine, Lennon mempunyai keyakinan dalam hatinya jika masih banyak orang baik di bumi ini, yang menyadari bahwa kita hidup untuk sesama manusia dan Tuhan, saling seimbang.

Aktivitas John Lennon dalam mengkampanyekan perdamaian ditambah lagu Imagine adalah hal yang paling membuat saya merenung. , yang saya tangkap di sini adalah betapa indahnya jika kita bisa berbagi apa yang kita miliki. Kemudian, saya coba melakukan apa yang saya bisa, karena saya merasa sedikit lebih cepat mengerti mengenai beberapa mata kuliah di kampus, terkadang saya membantu teman-teman saya untuk belajar, walaupun masih kurang maksimal, karena saya sering lupa mata kuliah yang sudah lewat. Walaupun setelah saya renungkan , ternyata jarang sekali saya ikhlas berbuat baik kepada orang lain, saya terus dan masih mencobanya, karena menurut saya, pesan dari lagu Imagine adalah alangkah indahnya jika kita bisa berbagi apa yang kita mampu, menghilangkan ketamakan, dan kita bisa hidup berdampingan dengan damai. Lagu ini juga mengingatkan saya akan komik karya Alex Ross dan Paul DIni, Superman : Peace on Earth, yang berpesan, marilah kita saling berbagi pengetahuan, waktu, dan kebaikan, karena di situlah harapan akan perdamaian sejati di bumi.