Jika kita teliti keberagaman dari seluruh dunia ini sangatlah banyak, apabila kita berkunjung kesuatu negara ke negara lain pasti ciri khas dari negara tersebut sangatlah berbeda dari negara yang sebelumnya kita kunjungi. Contohnya saja keberagaman di indonesia, mulai dari keberagaman suku, adat budaya, kepercayaan, ras, bahasa daerah dan masih banyak yang lain jika kita ingin membahas tentang keberagaman yang ada di Indonesia, belum lagi jika kita mengexplore dari pedalaman daerah Sabang sampai Merauke. Dari keberagaman inilah timbulnya rasa satu kesatuan didalam negara Indonesia seperti bunyi semboyan yang selalu kita ucapkan atau kita dengar “BHINNEKA TUNGGAL IKA” yang berarti berbeda beda tapi tetap satu. Dengan adanya keberagaman di Indonesia maka semakin indah dan menariklah negara ini, dari hal tersebut banyak turis dari berbagai negara jauh jauh datang ke Indonesia hanya ingin melihat keberagaman yang dimulai dari keindahan alamnya hingga ke penduduknya. Dari keberagaman Indonesia ini juga negara negara lain mendapatkan pelajaran, bagaimana dari banyaknya perbedaan tersebut dapat menyatukan seluruh warga yang mendiami satu negara tanpa adanya kerusuhan maupun dendam.
Keberagaman di Indonesia didukung karena letak geografis masing masing wilayah sangatlah berbeda dari satu wilayah ke wilayah lainnya. Tidak hanya dari letak geografis, namun dari suku suku yang mendiami suatu wilayah tersebut sangat banyak, belum lagi perkawinan antar beda suku diwilayah tersebut, maka kemungkinan dapat menciptakan suku yang baru, atau kebiasaan yang berbeda dari kebiasaan suku sebelumnya. Keberagaman yang ada di Indonesia juga dipengaruhi oleh negara lain, contohnya adalah dari sejarah perjalanan terbentuknya negara Indonesia ini. Bangsa Indonesia dulunya pernah dijajah oleh bangsa lain seperti, bangsa Spanyol, Belanda dan Jepang, belum lagi penyebaran agama dari bangsa lain seperti dari India, Arab, Eropa dan lain lain. Dari hal tersebut terjadinya perkawinan antara rakyat pribumi dan orang orang pendatang atau penjajah yang biasanya memiliki hal atau maksud tujuan di Indonesia saat itu. Penjajahan yang terjadi selama beratus ratus tahun lamanya juga menimbulkan kebiasaan kebiasaan yang terjadi hingga saat ini. Faktor faktor itulah yang menjadi penambah keberagaman yang ada di Indonesia hingga kini.
            Tak hanya sampai disitu keberagaman yang ada di Indonesia, bahkan dari berbagai daerah pun sangat beragam, dari logat bicaranya, makanan khasnya, upacara adat dan lain lain. Termasuk juga keberagaman organisasi masyarakat yang ada di Indonesia, dari organisasi masyarakat yang menggeluti agama hingga kesukunya, dari organisasi yang berbentuk umum atau keseluruhan Indonesia hingga organisasi yang dibentuk hanya ada di daerah masing – masing. Itulah keberagaman yang di Indonesia secara singkatnya, jika ingin dijabarkan lebih banyak lagi keberagaman yang ada di negara pasti tidak ada habis habisnya. Maka dari itu, marilah kita melihat lebih jauh lagi apa yang ada di dalam Indonesia hingga saat ini dan sampai yang akan datang, mari kita melihat perkembangan keragaman yang ada di Indonesia sampai nanti. 

Oleh Nur Qomariyatil Qadriah